INFORMASI :

Mari bersama MBANGUN DESA untuk menuju Desa Sidomoro yang Aman, Nyaman, Damai, Tentram, Sejahtera... KITA BISA!!!

Kegiatan Pemdes Sidomoro Bulan Juni tahun 2022

Kegiatan Pemdes Sidomoro Bulan Juni tahun 2022

Bulan Juni tahun 2022 adalah tahun pertengahan dan merupakan bulan yang penuh dengan kesibukan maupun kegiatan untuk Pemerintah Desa Sidomoro maupun masyarakat. Pelaksanaan program pembangunan maupun pemberdayaan masyarakat yang menjadi prioritas harus segera dilaksanakan. Sementara program rutin juga masih terus berjalan. Diantara beberapa Kegiatan dan Program yang dilaksanakan yaitu :

1. Program Jum'at Bersih bergilir tiap RW.

Pada Bulan Juni tahun 2022 ini, program jum'at bersih dilaksanakan untuk Dusun Pekandangan, Dusun Tukum, dan Dusun Aren secara bergiliran tiap minggunya melanjutkan kegiatan jum'at bersih pada bulan sebelumnya. Kegiatan difokuskan untuk membersihkan lingkungan dusun terutama dijalan-jalan utama yang melewati dusun tersebut maupun jalan atau gang-gang desa.   

2. Kerja bakti saluran air RW. 02 Dukuh Aren wilayah babimangan.

Pelaksanaan kerja bakti saluran pengairan wilayah babimangan dilakasanakan dua kali, pada tanggal 12 Juni 2022 dan 19 Juni 2022. Kegiatan ini dilaksanakan mengingat kondisi persawahan yang seharusnya mendapatkan pasokan air irigasi dari saluran wadaslintang yang tidak mengalir dengan baik. Karena keadaan inilah kemudian Pemdes dan warga dusun setempat berinisiatif mengadakan kegiatan Kerja bakti pembersihan saluran irigasi.   

3. Program Penanganan Stunting

Program ini merupakan program dari Kemenkes melalui Puskesmas Buluspesantren II yang bekerjasama dengan Kader PKK Desa Sidomoro. serta Bidan Desa Sidomoro. Kegiatan ini dilaksanakan di Balaidesa Sidomoro pada tanggal 11 Juni 2022 dengan menghadirkan warga masyarakat Desa Sidomoro yang memiliki Balita. 

4. Musyawarah Masyarakat Desa Bidang Kesehatan

MMD kesehatan adalah sebuah sarana sosialisasi berkaitan dengan bidang kesehatan yang ada di Desa Sidomoro dengan panduan data kesehatan yang ada di Puskesmas Buluspesantren. Acara ini sendiri dipandu dari Tim Kesehatan Puskesmas Buluspesantren II dengan bertempat di Balaidesa Sidomoro dan dilaksanakan tanggal 22 Juni 2022

5. Musdes Khusus Transformasi BKAD menjadi BUMDesMa

Acara kali ini merupakan kegiatan yang digagas bersama seluruh desa se Kecamatan Buluspesantren Kabupaten Kebumen untuk memmbentuk kerjasama bidang usaha antar desa se Kecamatan Buluspesantren. Kegiatan yang berlangsung di Aula Balaidesa Sidomoro tertanggal 23 Juni 2022 pukul 09.00 WIB s/d selesai merupakan acara sosialisasi bentuk kerjasama dari BKAD Kecamatan Buluspesantren sekaligus penyusunan Perdes BUMDESMA. Selain itu, forum musyawarah menyepakati pula beberapa perwakilan Desa yang akan mengikuti Musyawarah tingkat kecamatan.    

6. Rapat Koordinasi Perangkat Desa

Rapat Koordinasi Perangkat Desa adalah kegiatan rutin Pemerintah Desa Sidomoro yang diaadakan tiap bulannya. Kegiatan rapat kali ini, difokuskan untuk pelunasan PBB Desa Sidomoro tahun 2022. Selain hal tersebut, Forum rapat juga mensepakati kegiatan wajib yang harus segera dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Sidomoro terutama terkait bidang pemberdayaan masyarakat. Untuk Program Bidang pemberdayaan masyarakat Desa Sidomoro yang terkait dengan kegiatan ketahanan pangan, Desa Sidomoro mengambil program pemberian bibit tanaman pekarangan produktif yang diharapkan dapat membantu perekonomian warga masyarakat kurang mampu serta lebih memaksimlkan produktivitas pekarangan kosong. Selain hal tersebut, program ini juga diharapkan akan mampu menjadi sebuah produk unggulan khas Desa Sidomoro.  

7. Posyandu Lansia

Posyandu lansia adalah sebuah sarana peningkatan kualitas kesehatan masyarakat Desa Sidomoro. Program rutinan sepanjang tahun ini berada dibawah pengampuan Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen terutama melalui Puskesmas Buluspesantren II. Fokus kegiatan adalah dengan sosialisasi kesehatan baik jasmani maupun rohani serta pemberian makanan tambahan untuk masyarakat Desa Sidomoro yang telah menginjak usia senja ataupun lansia. 

8. Penyaluran BLT DD Bulan Juni tahun 2022

Program kegiatan ini adalah kegiatan rutin bulanan yang mulai dilaksanakan sejak Pendemi Covid 19 merebak. Pelaksanaan program adalah untuk mengurangi dampak kemiskinan dari adanya penyebaran Virus Covid-19. Rencananya program penyaluran BLT DD tidak akan lagi dilaksanakan pada tahun berikutnya yaitu tahun 2023. Hal ini mengingat pasca pandemi, keadaan telah dapat terkondisikan dengan baik. Namun, walaupun program BLT DD akan dihentikan, untuk masyarakat yang memang masih membutuhkan uluran bansos dapat didaftarkan ke dalam DTKS dari dinas sosial untuk dapat diusulkan dalam program bantuan nasional.   

9. Tahlil dan Kenduri Serentak Seluruh Perangkat se-kabupaten Kebumen

Untuk Kecamatan Buluspesantren seluruh jajaran Perangkat Desa se kecamatan Buluspesantren melakasanakan kenduri bersama di Pendopo Kecamatan Buluspesantren pada hari Jum'at tanggal 17 Juni 2022 pada pukul 08.00 s/d selesai. Acara ini merupakan inisiatif Bupati Kebumen H. Arif Sugianto S.H. dalam mendukung pelaksanaan Kebumen Internasional Expo.   

10. Pendampingan KIE untuk Karang Taruna Dipta Yoga Sidomoro

Sebagai salah satu peserta pameran dalam gelaran KIE 2022 Dipta Yoga Sidomoro berkoordinasi dengan Pemdes Sidomoro dan Pemerintah Kecamatan Buluspesantren. Pemerintah Desa Sidomoro dengan segenap kemampuan pun mendukung upaya pelaksanaan KIE dapat berjalan lancar dan menuai kesuksesan. Dukungan ini dilakasanakan dengan mendampingi Karang Taruna Dipta Yoga mulai dari persiapan sampai dengan pelaksanaan gelaran KIE 2022 yang bertempat di Alun-alun Kebumen. Pengarahan Kades M. Supriyono serta Bapak Camat Buluspesantren yaitu Bapak Sugito Edi Prayitno menjadi salah satu hal penting yang menjadi acuan dalam mempersiapkan produk unggulan Karang Taruna Desa Sidomoro, selain juga dukungan finansial pengadaan lapak pameran.  

11. Apel PPDI Kabupaten Kebumen

Sebagai bentuk sinergisitas Pemerintah Kabupaten dan Pemdes se Kabupaten Kebumen, Senin 06 Juni 2022 Bupati Kebumen mengunadang perwakilan PPDI Kabupaten untuk melaksanakan apel pagi bersama di pendopo Kabupaten. Selain apel pagi, dalam kegiatan kali ini Bupati Kebumen juga memberikan pengarahan sekaligus mendengar keluhan pemerintah desa melalui perangkat desa yang hadir. Acara berlangsung mulai pukul 07.00 s/d 11.00 WIB ditutup dengan adanya pemberian tunjangan bagi Perangkat Desa Se Kabupaten Kebumen untuk tahun anggaran 2022 melalui dana ADD. Hal ini merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten untuk lebih memperhatikan kesejahteraan Perangkat Desa. (dump)

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Silaturahmi dengan PPDI, Bupati Minta Perkuat Sinergitas
Bupati Kebumen Hibahkan Eks Gedung SD untuk Pemerintah Desa Sawangan
Bupati Resmikan Pantai Heppii, Wisata Rakyat, Nyaman, Murah Meriah
Bupati Minta Promosi Geopark Kebumen di Gencarkan
Pemkab Kebumen Raih Penghargaan literasi Nasional dari Nyalanesia

Arsip Berita

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2