INFORMASI :

Mari bersama MBANGUN DESA untuk menuju Desa Sidomoro yang Aman, Nyaman, Damai, Tentram, Sejahtera... KITA BISA!!!

Profil Pemerintahan

Profil Pemerintahan

Desa Sidomoro adalah salah satu desa dari 21 desa di Kec. Buluspesantren yang berbatasan langsung dengan Kec. Kebumen. Sebagai sebuah desa di pinggiran kota kabupaten, tercatat bahwa desa ini telah berganti kepemimpinan sebanyak tujuh (7) kali, dimana beberapa diantara Kades terpilih berhasil menjabat 2X periode masa jabatan. Untuk saat ini, Desa Sidomoro dipimpin oleh Bapak M. Supriyono. Dalam menjalankan roda pemerintahan melalui kepemimpinan yang kedua kalinya ini, beliau dibantu oleh seorang sekretaris desa, 3 orang kepala seksi, 3 orang kepala urusan, 3 orang staff pembantu Kasi dan Kaur, serta 6 orang kepala dusun. Struktur yang ada tersebut mulai berlaku 31 Januari 2018, yang mana telah disesuaikan dengan UU Desa No.06 beserta turunannya (Struktur dan nama terlampir).

Di samping hal tersebut di atas, Pemerintah Desa Sidomoro dalam melaksanakan kepemerintahannya juga bersinergi bersama lembaga desa lainnya seperti BPD, LMD maupun berbagai organisasi kemasyarakatan yang ada lainnya sesuai kebutuhan masyarakat. Misalkan dalam bidang pertanian, pemerintah desa sidomoro dibantu juga oleh petugas tata kelola pengairan sebagai sebuah warisan budaya maupun adat yang ada, biasa disebut serta terbagi dengan ulu-ulu, ili-ili maupun kuli tamping. 

Pun saat ini Desa Sidomoro telah mengikuti aturan SOTK terbaru dari pemerintah di atasnya, namun kebiasan masyarakat dalam menyebut perangkat desa yang ada dengan istilah-istilah warisan adat budaya masa lalu dan seakan tidak berubah. Istilah-istilah congkog, petengan, bayan, kaum masih sangat familiar dan kental untuk digunakan oleh masyarakat setempat. 

Demikian sekilas gambaran tentang profil Kelembagaan Pemerintah Desa Sidomoro. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat maupun didownload melalui menu terkait. (Ryudha*)

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Silaturahmi dengan PPDI, Bupati Minta Perkuat Sinergitas
Bupati Kebumen Hibahkan Eks Gedung SD untuk Pemerintah Desa Sawangan
Bupati Resmikan Pantai Heppii, Wisata Rakyat, Nyaman, Murah Meriah
Bupati Minta Promosi Geopark Kebumen di Gencarkan
Pemkab Kebumen Raih Penghargaan literasi Nasional dari Nyalanesia

Arsip Profil Pemerintahan

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2