INFORMASI :

Mari bersama MBANGUN DESA untuk menuju Desa Sidomoro yang Aman, Nyaman, Damai, Tentram, Sejahtera... KITA BISA!!!

Pelatihan Tataboga, DIPTA YOGA bersama BLK Kab. Kebumen

Pelatihan Tataboga, DIPTA YOGA bersama BLK Kab. Kebumen

Pelatihan Tataboga, DIPTA YOGA bersama BLK Kab. Kebumen

 

 

 

Sidomoro, dalam rangka meningkatkan perekenomian masyarakat serta memacu jiwa kewirausahaan desa, Pemdes Sidomoro menggandeng BLK Kabupaten Kebumen melaksanakan pelatihan Tataboga yang direalisasikan dengan pembuatan makanan ringan. Pelatihan ini sendiri diperuntukan bagi anak-anak muda Karang Taruna Desa Sidomoro yang terwadahi dalam Dipta Yoga serta warga masyarakat desa lainnya yang berkenan mengikuti. Di karenakan kondisi saat ini yang belum memungkinkan untuk kegiatan masal, jumlah peserta yang dapat mengikutipun dibatasi hanyab sejumlah 16 orang. Pelaksanaan kegiatan pelatihan dijadwalkan akan berlangsung selama 15 hari terhitung mulai tanggal 12 oktober 2020 dengan satu hari pembekalan di Balai BLK Kabupaten Kebuman dan 14 hari praktek pelatihan memasak di Balaidesa setempat. 

 

 

 

Selain diberi bekal cara mengolah serta memasak makanan ringan maupun kue-kua basah, peserta pun nantinya akan diberi fasilitas permodalan yang bersumber dari anggaran Kantor BLK Kabupaten Kebumen. Harapannya adalah peserta nantinya akan mampu menjadi wirausahawan wirausahawati yang dapat bergerak dibidang UMKM tataboga. Dalam prakteknya ini, pelatihan dimentori oleh personil yang merupakan pegawai dilingkungan BLK Kabupaten Kebumen yang membidangi dan memiliki kemampuan membuat makanan ringan. Mentor-mentor tersebut memberikan pelajaran seputar makanan ringan secara bergantian. 

 

Dari tiga hari pelatihan yang telah dilaksanakan, peserta diajak untuk sekreatif mungkin mengolah dan membentuk makanan-makanan ringan agar terlihat menarik (Gbr 2). Terlihat peserta sangat antusias mengikuti setiap sesi yang ada. Mereka dibuat berkelompok dan saling bekerjasama membuat kue kering maupun kue basah - aneka macam roti sebagai tugas yang diberikan oleh segena mentor. Diakhir pelatihan ini, peserta nantinya juga akan berhak mendapatkan sertifikat pelatihan. Hal ini dimaksudkan sebagai bukti bahwa hasil pelatihan tersebut memiliki out put yang memilikk daya saing tinggi. Artinya bahwa peserta dapat menggunakan sertifikat sebagai bukti bahwa mereka memiliki kemampuan memasak lebih dari cukup ketika akan memasuki dunia kerja terutama di dunia industri makanan ringan. Dump. 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter