INFORMASI :

Mari bersama MBANGUN DESA untuk menuju Desa Sidomoro yang Aman, Nyaman, Damai, Tentram, Sejahtera... KITA BISA!!!

Olahraga Desa (Part 1*)

Olahraga Desa (Part 1*)

Olahraga Desa (Part 1)*

Olahraga merupakan bidang kegiatan yang tidak terlepas dari kebiasaan sehari-hari masyarakat. Begitupun dengan kebiasaan masyarakat Desa Sidomoro. Sebagai sebuah hobi yang telah melekat sejak ribuan tahun yang lalu, olahraga berkembang sedemikian rupa dengan berbagai ragam permainan di dalamnya. Olahraga di sebuah daerah biasanya akan mengikuti kondisi alam yang meliputi masyrakat yang ada, sebagai contoh adalah di dalam masyarakat dengan kondisi alam dekat perairan secara tidak langsung bentuk kegiatan olahraga pun akan disesuaikan dengan ketersediaan alam (lapangan) yang ada, seperti olahraga air dengan berbagai variannya. Hal ini berlaku juga pada masyarakat yang mendiami sebuah daerah dengan kondisi lapangan yang dengan mayoritas dataran. 

 Desa Sidomoro sendiri merupakan daerah pertanian pada dataran rendah, yang mana kondisi dataran tanah lebih dominan dibandingkan perairan yang ada. Cabang olahraga di Sidomoro berkembang sejak awal mula pembentukan Desa dengan berbagai pasang surut perkembangan varian maupun kemajuan prestasinya. Untuk saat ini jenis olahraga yang popular dan masih bangyak digemari masyarakat Desa Sidomoro diantaranya yaitu 

Cabang Olahraga Sepakbola

Cabang Olahraga Futsal

Cabang Olahraga Bola Voli

Cabang Olah raga Bulutangkis

Cabang Olahraga Tenis Meja

Dari beberapa cabang olahraga tersebut tercatat Desa Sidomoro pernah beberapa kali menjuarai perlombaan cabang olahraga untuk tingkat kecamatan terutama pada cabang olahraga bolavoli dan bulutangkis. Walaupun kegiatan olahraga ini belum terkoordinasi dengan baik, namun antusiasme serta semangat masyarakat untuk selalu aktif berperan serta disamping sebagai sarana mengekspresikan hobi yang ada. 

Untuk sarana dan prasarana pendukung keolahragaan di Desa Sidomoro secara garis besar diadakan dengan swadaya masyarakat dengan dibantu Pemerintah Desa Setempat. Saat ini Desa Sidomoro sendiri memiliki beberapa sarana lapangan olahraga yang diantaranya adalah :

Lapangan Sepakbola 

Lapangan sepakbola ini hanya bisa digunakan masyarakat pada saat musim kemarau tiba. 

Lapangan Bulutangkis 

Sarana lapangan Bulutangkis Desa Sidomoro ada dua buah dan salah satunya bisa juga digunakan sebagai lapangan Bola Voli. Walaupun lantai lapangan olahraga ini sudah dibangun cor beton, namun kondisi lapangan masih berupa lapangan outdoor dan masih sangat tergantung cuaca.

Lapangan Tenis Meja

Satu-satunya sarana olahraga indoor yang dimiliki desa sidomoro adalah lapangan olahraga tenismeja yang terletak dibalai desa sidomoro. 

 

*Oleh operator desa yang kebetulan pecinta olahraga

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter